Sebuah mobil balap bersayap belakang lebar tampil di booth Honda
dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.
Bagian
kaca belakangnya yang khas dengan mudah diterka seiring namanya di
pintu "CR-Z" bahwa ini adalah mobil balap hibrida mereka yang diturunkan
dalam ajang Super GT Series di Jepang.
Mobil dua pintu dan ceper
itu tak lain adalah Honda CR-Z Mugen GT. CRZ spesifikasi balap ini
khusus dirancang oleh Honda dan Mugen yang mulai diperkenalkan dan
digunakan oleh Honda di ajang balap Super GT Series pada tahun 2012 di
kelas GT300.
Honda CR-Z Mugen GT menggunakan mesin berkapasitas 2.800 cc twin turbo berkonfiguasi enam silinder (V6) dan juga dilengkapi dengan Racing Hybrid System.
Tenaga maksimal mesin ini sebesar 300HP, sesuai dengan regulasi yang ditetapkan Super GT Series kelas GT300.
Honda CR-Z Mugen GT berukuran 4.445 mm untuk panjang, 1.940 mm untuk lebar, serta 1.100 mm untuk tingginya ini menggunakan enam percepatan dan juga mengadopsi teknologi Paddle Shift pada setir balapnya.
Dengan berat minimum 1.200 kilogram, sektor aerodinamika dioptimalkan termasuk dengan menggunakan body kit tambahan berupa sayap belakang, floor baru, bumper depan dan belakang, suspensi khusus untuk balap serta ban khusus balap.
Honda CR-Z Mugen GT merupakan pengembangan dari model Honda CR-Z Mugen RR yang tampil perdana pada acara Goodwood Festival of Speed 2011 di Inggris dan di Guangzhou International Automobile Exhibition, pada tanggal 22-28 November 2011 di kota Guangzhou, China.
Prestasi terbaik yang pernah diraih oleh Honda CR-Z Mugen GT adalah juara umum Super GT Series di kelas GT300 di musim balap tahun 2013 lewat Team Mugen dan kedua pembalapnya, Hideki Mutoh dan Yuhki Nakayama.
Team Mugen menggunakan Honda CR-Z Mugen GT pada tahun 2012-2014. Selain Team Mugen, Honda CR-Z Mugen GT juga digunakan oleh tim balap lainnya, yaitu Autobacs Racing Team Aguri, pada tahun 2013 hingga 2015.
Posting Komentar