Langkah MINI yang membuat model-model terbarunya kini tak lagi mungil
semakin dibuktikan dengan kehadiran Cooper S Clubman. Bahkan yang
terakhir ini diklaim menjadi model MINI paling besar yang pernah
dipasarkan di Tanah Air. Dengan berat hampir 2 ton, bisa dibilang bukan
lagi kelas bulu, dan dengan dimensi yang hampir sama dengan Golf, tidak
bisa lagi dikatakan sebuah miniatur.
Tak heran jika arah yang MINI tuju sekarang lebih ke tingkat
kepraktisan, fungsionalitas dan kaya akan fitur. MINI Cooper S Clubman
yang berukuran 27 cm lebih panjang dan 9 cm lebih lebar dari
pendahulunya, sementara jarak sumbu roda lebih panjang 10 sentimeter.
Bagasi hadir dengan volume 360 liter, yang dapat diperluas menjadi 1.250
liter dengan melipat sandaran kursi belakang ke bawah dengan
konfigurasi 40:20:40.
Sepertinya MINI menawarkan perpaduan terbaik antara kepraktisan
sehari-hari, penggunaan jarak jauh, fleksibilitas, dan kenyamanan
berkendara. Yang membedakannya dari model MINI lain juha adanya pintu
split di bagian belakang, yang terdiri dari dua pintu yang membuka ke
samping. Fitur ini secara efektif memberikan Cooper S Clubman status
unik sebagai model enam pintu, menekankan fleksibilitas yang luar biasa
dalam gaya khas MINI.
Makanya di samping, dia punya empat pintu. Kelapangan interior yang
membuat seorang pebasket pun senang duduk di dalamnya selama beberapa
bulan. Kemudi paddle shift-nya bisa dimaju-mundurkan, kursinya dirancang
ulang, lantai bagasi dibentuk jadi suatu wadah multifungsi, bisa
menampung koper atau pernik ‘lifestyle’ yang kotor, seperti papan ski
atau snowboard.
Instrumen pusat diintegrasikan pada panel instrumen Cooper S Clubman
dengan harmonis. Dilengkapi dengan layar warna 8,8 inci yang merupakan
display untuk fungsi infotainment, telepon, dan navigasi. Pemilihan dan
pengendalian semua fungsi ini dipermudah oleh Controller pada konsol
tengah yang tersedia bersama dengan Radio MINI Visual Boost .
Saat mengendarainya, Cooper S Clubman juga dilengkapi dengan Head-Up
Display yang membentang di atas kolom kemudi, serta program infotainment
lengkap MINI Connected. Sehingga pandangan kami tetap tertuju ke depan.
Secara cerdas, MINI Connected XL Journey Mate membantu rencanakan
perjalanan pengemudi dan juga memberikan informasi dan rute yang
diperlukan.
Di balik bonnet-nya yang pendek tersimpan mesin terbaru MINI TwinPower
Turbo Technology, khusus untuk model MINI Cooper S Clubman yang kami
uji. Mesin tersebut dilengkapi dengan turbo, direct fuel injection dan
variable camshaft control pada intake dan exhaust (double VANOS).
Kombinasi ini membuat mesin 2.0-liter 4- silinder MINI Cooper S Clubman
menghasilkan angka-angka performa sporty. Output puncak 192 hp dan torsi
maksimum 280 Nm mulai beroperasi di hanya 1,250 rpm.
Membawa mobil seharga Rp 800 jutaan ini jalan-jalan tetap mengasyikkan.
Kombinasi dari dimensi compact, serta mesin galak, membuat Anda seperti
berada di atas sebuah mobil Formula. Memang bukan konfigurasi yang
canggih, tetapi mereka telah dirancang sedemikian rupa untuk memberikan
MINI Cooper S Clubman cengkeraman dan stabilitas ketika menikung.
Kekurangannya, mereka sedikit keras dan melelahkan saat melewati jalanan
keriting.
Transmisi paddle shift 6-speed juga salah satu yang terhalus yang
pernah kami kemudikan. Pergerakan tuas yang ringan membuat berkendara
semakin santai, bahkan di tengah jam sibuk. Isu lain tentang MINI adalah
munculnya torque steer. Ini bukan hal buruk—mengingat selain untuk
belok, komputer juga bertugas menyalurkan tenaga dan torsi ke aspal ke
setiap roda secara simultan—tetapi dia bisa terlihat dengan jelas ketika
Anda injak pedal gas terlalu antusias di tikungan. S Clubman tidak akan
menubrukkan diri ke pagar pembatas, namun ada baiknya Anda
menggenggam kemudi dengan keras saat antusiasme itu terjadi.
Siapa pun yang Anda ajak di MINI Cooper S Clubman pasti akan
terkagum-kagum, apalagi duduk di depan. Dari mulai layout dasbor,
bermacam warna sepanjang interior, hingga jok sport yang nyaman, MINI
memang dirancang untuk menimbulkan reaksi. Bahkan, grafis dasbor muncul
dengan tampilan format 3D. Ada trackball di kemudi untuk memudahkan
pengaturan berbagai fungsi multimedia melalui MINI’s Connected System.
Kluster lampu indikator dan rem belakang jadi satu dengan panel bodi.
Ini diklaim memenuhi faktor keselamatan. Velg 19 inci punya desain rotor
yang mampu mengalirkan udara ke dalam roda. Bahkan, pintu punya engsel
ganda yang memberikan bukaan pintu yang makin lebar. Cukup inovatif,
space-efficient, dan sedikit klasik. Seharusnya nama MINI Spaceman lebih
pantas, bukan?
Home »
» MINI Cooper S Clubman: MINI Maximus!
MINI Cooper S Clubman: MINI Maximus!
Posted by Otomotif Car Sport on Minggu, 07 Agustus 2016
CB Blogger |
|
Posting Komentar