Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Honda BR-V Melawan Toyota Sienta Pertarungan Merebut Hati Family Man

Honda BR-V Melawan Toyota Sienta Pertarungan Merebut Hati Family Man

Posted by Otomotif Car Sport on Minggu, 07 Agustus 2016




Honda BR-V sudah wara-wiri di Indonesia. Kami pun sudah mengujinya mulai dari sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang hingga Indonesia. Produk ini begitu punya banyak pesona. Ya, BR-V (Bold Runabout Vehicle) dirancang untuk pasar Asia oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. di Thailand dan PT Honda R&D Indonesia. Tujuannya agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Hasilnya luar biasa. Kini Honda BR-V sudah menjadi model jangkar Honda untuk pasar mobil domestik. Penjualannya lebih dari 30% total penjualan Honda di Indonesia. Ini tentu berkat desainnya yang bagus, mesin yang bisa diandalkan, hingga interior dengan fleksibilitas serta kenyamanan ekstra.

Kesemua unsur itulah yang membuatnya mampu menandingi MPV mapan semacam Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia. Bahkan, SUV berbasis Honda Mobilio ini, diprediksi mampu ungguli Toyota Sienta, MPV 7-seater terbaru milik Toyota. Benarkah demikian?




Eksterior
Secara sekilas, terlihat garis desain yang sama dengan Honda Mobilio. Mengusung konsep Active Solid Motion membuat Honda BR-V terlihat tangguh. Lampu depan dan grille depan dirancang dalam satu garis yang menyatu, memberikan tampilan  yang tajam dan lebih lebar dengan desain khas Honda Solid Wing Face.

Penggunaan komponen aero kit diseluruh bagian body BR-V, memberi kesan lebar dan tangguh. Komponen roof rails menambah kental aura SUV, sementara desain velg model kipas palang lima berbahan alumunium dengan ukuran 16 inci.

Sedangkan untuk pilihan warna, tersedia enam pilihan yaitu Taffeta White, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, dan tiga warna baru yaitu Misty Green Pearl, Lunar Silver Metallic, dan Passion Red Pearl.

Di sisi lain, Toyota Sienta punya kelebihan dari desain eksterior. Dibalut desain sangat menarik, Toyota Sienta tentu ibarat gulali di mata anak balita: begitu menarik, begitu menggoda.Pada model tertinggi (Q), sudah memakai lampu utama canggih, yakni lampu Bi-Beam LED Projector dengan LED Lamp dan Auto leveling. Toyota Sienta juga sudah dibekali dengan pintu samping elektris.

Di kaki-kaki Toyota Sienta dibekali velg berukuran 16 inci (V dan Q), desain velgnya mirip dengan punya Honda BR-V. MPV terbaru Toyota ini hadir dalam tujuh pilihan warna, yakni Black Mica, Dark Brown Mica Metallic,  Gray Metallic,  Orange Metallic, Super White, dan Silver Metallic.


Dimensi

Toyota Sienta
Honda BR-V
Panjang
4.235 mm
4.446 mm
Lebar
1.695 mm
1.735 mm
Tinggi
1.695 mm
1.666 mm
Sumbu roda
2.750 mm
2.662 mm
Sasis dan Lainnya
Toyota Sienta
Honda BR-V
Rem
Depan: 15 inci cakram padat. Belakang: 15 inci cakram padat
Depan: Cakram berventilasi. Belakang: Drum
Suspensi
Depan: McPherson Strut with Coil with Stabilizer. Belakang: Torsion beam
Depan: McPherson Strut. Belakang: Torsion beam H-shape
Sistem kemudi
Rack n Pinion (EPS)
Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)
Power steering
Tilt
Tilt
Ban
195/55R16
1195/ 60 R16


Mesin dan Transmisi
Honda BR-V mengandalkan mesin 4-silinder SOHC 16 katup i-VTEC 1.5 liter sama seperti yang digunakan oleh Honda Mobilio. Perbedaannya, adalah pengaturan ECU dan juga rasio transmisi. Mesin tersebut mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 120 hp pada 6.600 rpm, dan torsi 145 Nm pada 4.800 rpm.

Saat mencoba di jalanan, akselerasinya terasa responsif. Kinerja mesin yang menjadi andalan Mobilio ini juga terasa responsif di putaran menengah. Mengandalkan transmisi CVT berteknologi Earth Dreams, perubahan rasio transmisinya terasa halus dan minim entakan, serta konsumsi bahan bakarnya berkisar di angka 11-13 km per liter (kpl).  Inilah angka yang harus dikalahkan oleh Toyota Sienta.

Sementara untuk transmisi manual, BR-V akan mengandalkan transmisi manual 6-percepatan dan CVT. BR-V menjadi mobil pertama Honda di Indonesia yang mengadopsi transmisi manual 6-percepatan. Dari segi tenaga, Honda BR-V unggul dari Toyota Sienta. Torsinya pun demikian. Sementara aspek lainnya belum kami uji. Jadi perbandingan hanya didasari pada spesifikasi mesin saja.

Beralih ke soal performa. Toyota Sienta memakai mesin baru bertipe 2NR-FE dengan dual VVT-i. NR
Engine yang juga merupakan generasi terbaru engine modern yang dibuat oleh anak bangsa. NR Engine menggunakan bahan alloy  sebagai salah satu material utamanya, yang membuat mesin ini menjadi sangat ringan. Selain itu, NR Engine pada Toyota Sienta juga dibekali teknologi Dual VVT-i yang canggih, membuat mesinnya memiliki kombinasi yang apik antara tenaga dan efisiensi, serta ramah lingkungan.

Mesin yang dipakainya bertenaga puncaknya mencapai 107 hp pada 6.000 rpm. Sementara torsi maksimalnya mencapai 143 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga dan torsi puncak itu dialirkan ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan atau CVT dengan mode shift matic 7-speed.

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Otomotif Car Sport. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger